Teknik Mesin
Universitas Muhammadiyah Malang
Teknik Mesin
Universitas Muhammadiyah Malang

:: Fasilitas ::

Laboratorium Teknik Mesin

 

Laboratorium teknik mesin sebagaimana dibawah ini berfungsi sebagai pusat pembelajaran praktis dan eksperimental yang dipergunakan oleh mahasiswa dan pelayanan untuk riset dan konsultasi keteknikan mancakup desain manufaktur, pengujian logam, pengembangan energi alternatif dan pencemaran lingkungan, desain dan pembuatan peralatan-peralatan mekanik, desain dan pembuatan kontrol otomatik. [Contact Person ; Ir. Hery Suprianto]

a.        Laboratorium Permesinan Otomatik dan Perancangan

Laboratorium ini berfungsi sebagai pelayanan praktek mahasiswa dalam mata kuliah pemrograman mesin CNC, precision machining (EDM), design engineering. Selain dipergunakan pembelajaran laboratorium ini juga dapat dipergunakan untuk riset dan pelayanan konsultasi pemakaian, perawatan dan pembuatan komponen mesin menggunakan mesin CNC dan EDM.

Peralatan yang digunakan terdiri dari CNC Emco TU 2A, ET100, VMC 120, CTS 100, TU3A, EDM, komputer dengan berbagai software.

b.        Laboratorium Konversi Energi dan Otomotip

Laboratorium ini berfungsi sebagai pelayanan praktek mahasiswa dalam mata kuliah mesin konversi energi, motor bakar, dan maintenance. Selain dipergunakan pembelajaran laboratorium ini juga dapat dipergunakan untuk riste dan pelayanan konsultasi sifat-sifat teknik energi dan otomotive.

Peralatan yang dipergunakan terdiri dari Centrifugal Pump Test Rig, petrol engine test bed, refrigeration test bed, water turbine test bed, petrol engine stand (5 buah), diesel engine stand (2 buah), gas analyzer & smoke tester, engine analyzer, mechanical professional tool kits, automobile module, automobile multimeter dll.

c.        Laboratorium Dasar Teknik Mesin

Laboratorium fenomena dasar mesin ini dipergunakan untuk membuktikan fenomena-fenomena dalam ilmu dasar teknik mesin pada mekanika, statika dan panas serta sistem dasar kontrol otomatik seperti dasar pneumatik dan hidraulik.

Peralatan yang digunakan antara lain static and dynamics of strength of materials, fluid mechanics and hydraulics, heat transfer, thermodynamics, basic pneumatics and hidraulics dari festo. Selain peralatan utama tersebut, laboratorium ini juga memiliki peralatan-peralatan penunjang untuk riset seperti thermocouple, anemometer, sound level meter, vibrometer, light meter dan lain-lain.

d.        Laboratorium pengujian Material

Laboratorium ini berfungsi sebagai pelayanan praktek mahasiswa dalam mata kuliah pengujian material. Selain dipergunakan pembelajaran laboratorium ini juga dapat dipergunakan untuk riset dan pelayanan konsultasi sifat-sifat material teknik.

Peralatan yang digunakan, meliputi peralatan utama yang terdiri dari Universal testing Machin, Brinell Hardness Tester, Vickers Hardness Tester, Rockwell Hardness Tester, dan peralatan bantu yang mencakup peralatan grinding, jominy test, tought point sensor, dll.

e.        Laboratorium Manufaktur dan Metrologi

Laboratorium ini berfungsi sebagai pelayanan praktek mahasiswa dalam mata kuliah Proses Produksi, Perancangan Mesin, Pemilihan Bahan dan Proses, metrologi Industri. Selain dipergunakan pembelajaran laboratorium ini juga dapat dipergunakan untuk riset dan pelayanan konsultasi serta produksi paralatan mekanikal.

Peralatan yang digunakan, meliputi peralatan utama yang terdiri dari mesin-mesin perkakas berbagai jenis dan tipe, mesin-mesin kerja bangku dan peralatan bantu yang mencakup peralatan ukur, alat-alat gambar/lukis, peralatan potong, pukul, tekuk, press dan las.

Peralatan metrologi terdiri atas Granite Plate, Neo Derm, 3-Wire Unit gage Micrometer, Vernier Caliper, Bore-Gage, Surface Test, Hole Test, Gauge Block, Ultrasonic Thickness Gage, Universal Height Master dan lain-lain.
Shared: