Visi dan Misi

Visi Jurusan Teknik Mesin adalah sebagai Pusat Pelayanan Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Permesinan serta dapat melayani masyarakat berdasarkan Nilai-nilai Islam.

 

Dari visi yang telah dirumuskan, Jurusan Teknik Mesin mempunyai misi untuk:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (pengajaran) yang bermutu.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang dapat memberikan sumbangan terhadap perkembangan Ilmu.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerjasama terhadap pihak lain untuk keberlangsungan dan eksistensi Teknik Mesin atau lembaga ke depan.

 

Visi misi Jurusan Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Malang ini dirumuskan untuk mencapai tujuan:

  1. Menghasilkan Sarjana Teknik Mesin yang profesional (memiliki dasar pengetahuan, sikap dan terampil dalam bidang Teknik Mesin dan mampu beradaptasi serta mampu mengembangkan diri dalam perkembangan IPTEK).
  2. Menghasilkan Penelitian sebagai landasan penyelenggaraan Proses belajar mengajar.
  3. Menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat berbasis teknologi untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Menghasilkan kerjasama dengan pihak lain guna pengembangan dan penguatan Tri Dharma.

 

Dengan visi dan misi yang dimiliki oleh Jurusan Teknik Mesin, lulusan Sarjana Teknik Mesin dibentuk untuk memiliki dasar pengetahuan, sikap dan ketrampilan profesional dalam bidang teknik mesin, sehingga mampu bekerja dibidangnya dan mampu beradaptasi serta mampu mengembangkan diri dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk mencapai tujuan diatas, kurikulum Jurusan Teknik Mesin dirancang agar lulusan memiliki kemampuan menyusun konsep, perancangan, implementasi dan operasional sehingga basis kompetensi utama dalam bidang rancang bangun permesinan dan kompetensi pendukung dalam bidang kontrol automatik. Sedangkan kompetensi pelengkap merupakan bidang keahlian khusus yakni;

  1. Konstruksi Mesin; bertujuan untuk membekali lulusan sehingga mampu mendesain konstruksi mesin baik aspek konstruksi maupun ekonominya.
  2. Konversi Energi; bertujuan untuk membekali lulusan sehingga mampu memilih, merawat dan mendesain alat-alat dan mesin konversi energi beserta aspek-aspek ekonominya.
  3. Produksi Permesinan. bertujuan untuk membekali lulusan sehingga mampu mendesain proses permesinan baik aspek desain mesin-mesin, desain produk dan produksi.
  4. Produksi Material; bertujuan untuk membekali lulusan sehingga mampu memilih, memadukan dan memproduksi komponen mesin berdasarkan material.